Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Selasa, 17 April 2012

Ngintip Honda Supra X 125 Helm In “Si Bebek Irit”

Desain Body
Ada istilah “dont judge a book by the cover”, itu istilah yang salah besar menurut aku. Dimana pun kalau kita mau beli pasti lihat sampulnya dulu, sampul yang membuat kita tertarik untuk membelinya. Begitu juga dalam hal memilih kendaraan, desain body yang keren menjadi bahan pertimbangan awal. Bagaimana dengan Honda Supra X 125 Helm In ini? Honda Supra X 125 Helm In ini memiliki desain baru yang modern dan elegan dilengkapi dengan lampu utama ganda dengan desain yang modern dan  sudah hidup otomatis sejak mesin dihidupkan sesuai peraturan yang berlaku dari kepolisian demi keamanan, sayap samping 3D yang fungsional, lampu belakang ganda membentuk huruf X dengan LED, desain pijakan kaki belakang yang modern, serta desain knalpot dilengkapi pelindung yang elegan sehingga gak perlu takut kaki terbakar karena nyenggol knalpot. Untuk pilihan warnanya tersedia dalam 4 pilihan warna yaitu Legacy Green, Royal Blue, Luxurious Gray, dan Majestic Red.
Bagasi Super Luas
Honda Supra X 125 Helm In memiliki bagasi serba guna yang sangat luas dengan kapasitas 19,5 liter. Ini memberikan manfaat yang besar bagi pengguna karena dengan kapasitas seluas itu kita bisa memasukkan banyak barang dan helm ke dalam bagasi. Nah jadi gak perlu repot kalo bawa 2 helm sekaligus saat mau jemput pacar, tinggal dimasukkan aja ke dalam bagasinya.
Tangki Bahan Bakar dan Konsumsinya
Ini yang gak kalah keren, Honda Supra X 125 Helm In memiliki kapasitas tangki BBM 5,6 liter. Bayangkan untuk sekelas motor bebek mempunyai tangki BBM sebesar itu, pastinya gak perlu repot harus bolak-balik masuk SPBU untuk mengisi BBM. Ngomongin BBM, gak lepas dari masalah keiritan. Honda Supra X 125 Helm In ini sangat irit (mampu menempuh jarak 310 Km hanya dengan sekali isi bensin). Hal ini sudah diuji dengan digelarnya “Tantangan Jelajah Honda Supra X 125 Helm In Membelah Sumatera Utara” yang mengambil rute perjalanan dari Tarutung menuju Medan dengan jarak tempuh kurang lebih 300 Km hanya dengan sekali isi tangki BBM.
Kenyamanan dan Keamanan
Semua pasti menginginkan kendaraan yang nyaman untuk dikendarai, saya rasa gak ada orang yang nyaman berkendara kalau kendaraan yang dibawanya gak nyaman. Nyaman dari segi posisi duduk, posisi memegang kemudi, dan nyaman karena suspensi yang lembut. Honda Supra X 125 Helm In memberikan kenyamanan berkendara saat kita mengendarainya. Jok yang empuk, suspensi depan dan belakang memberikan kenyamanan yang cukup baik di jalan raya yang mulus maupun di jalan berbatu. Saat bermanuver ekstrim tidak mengurangi stabilitas alias tergelincir karena adanya suspensi yang lembut tadi, so aman saat berkendara. Dari segi keamanan, Honda Supra X 125 Helm In dilengkapi pengaman kunci kontak bermagnet otomatis dibuat untuk menghindari percobaan pencurian, dengan pencahayaan fosfor untuk mempermudah menemukan lokasi lubang kunci.
Segitu aja hasil review Honda Supra X 125 Helm In nya, kalau penasaran silahkan coba sendiri dan rasakan sensasi kenyamanan berkendara.

Senin, 16 April 2012

TVS MOTOR BEBEK TERBAIK 2012, Motor Bebek Tangguh




TVS motor terbaik 2012 | TVS Motor Company Indonesia sukses menyabet gelar pada ajang Otomotif Award 2012, setelah varian TVS RockZ 125cc, terpilih sebagai Bebek Terbaik 125cc.

TVS RockZ sudah hadir sejak 2009 lalu dengan keunggulan pada fitur dan teknologi yang terbilang canggih. Bebek ini punya paduan sempurna antara kenyamanan berkendara dan lincah bermanuver. Mengusung teknologi Canister Gas Absober dan mesin 125 cc oversquare, berimbas pada power motor yang responsif.

“TVS RockZ dianggap terbaik, setelah unggul pada aspek penilaian desain, performa, handling, fitur dan teknologi, konsumsi bahan bakar dan harga. Motor menjadi pilihan generasi muda yang berani menunjukkan eksistensi diri,” ujar Darmady Tjuatja, Chief Operating Officer PT TVS Motor Company Indonesia.

Teknologi yang menggabungkan teknologi motor dan teknologi consumer berupa responsive power, desain futuristik dengan striping yang lebih agresif dan Integrated Music System (IMS) dengan mp3 player dan FM radio.

TVS RockZ 125 cc tipe dibanderol dengan harga CW Rp 13.190.000. Sedangkan tipe SW Rp 12.190.000, harga sudah termasuk OTR Jabodetabek.

Kymco Spike 120 – Motor Bebek Terbaik Kymco


kymco spike3
Mungkin banyak dari anda yang kurang memperhatikan motor buatan negeri Taiwan ini. Kini motor Indonesia sudah dikuasi oleh motor buatan Jepang, maka motor Yang selain produksi Jepang akan tenggelam seperti motor china, kymco, KTM, dan lainnya.
Kymco Spike 120, bebek yang terlebih dulu mendulang sukses penjualan dibeberapa negera Eropa. Pada tahun 2003 lampau mencoba peruntungan untuk dipasarkan keranah ‘darah’ penjualan motor tipe cub dinegeri ini. Yeahhh…seperti yang anda tahu, doktrin yang sudah menancap di mindset konsumen kebanyakan, produsen Kymco Lippo Motor Indonesia (KLMI) adalah pabrikan yang spesialis dalam menelorkan produk Jet Matik. Mungkin karena kurangnya edukasi produk ke pasar, maka sangat disayangkan hasil penjualan motor ini termasuk adem ayem ditengah serunya perang harga segment bebek tanah air.
Jika anda tahu dari isi jeroan Spike 120, pastilah anda akan setuju dengan saya untuk mengacungkan jempol pertanda kagum dengan produk ini. Apabila dibandingkan dengan tipe motor sejenis yang ada yang waktu itu, Spike 120 saya rasa masih terlalu superior segala sesuatunya dari pada produk kompetitor.
Nah oke untuk mengetahuinya mari kita bahas satu persatu kelebihan dari motor kymco ini.
  1. Motor ini menganut teknologi empat langkah terbesar dikelasnya. Dengan kubikasi mesin 120cc single silinder, setahu saya belum ada produk kompetitor yang menerapkan mesin berkubikasi sebesar ini pada produk bebeknya.
  2. Diameter shockbreker depan terbesar dikelasnya, hampir sama dengan yang diaplikasikan pada motor batangan.
  3. Penggunaan rangka mencomot design Honda NSR 150 R versi Taiwan yaitu twin tube backbone frame.
  4. Pemakaian model bohlamp H4 pada urusan penerangan, yang saat ini baru diaplikasikan pada Yamaha V-ixion ataupun Bajaj Pulsar.
  5. Motor bebek empat langkah pertama yang bermono shock serta ber disk brake belakang.
  6. Ukuran diameter tromol depan belakang yang sama persis dengan kepunyaan motor batangan.
  7. Dimensi ukuran penampung bahan bakar terbesar dikelasnya yakni 6,3 liter, coba bandingkan dengan produk sejenis maksimum hanya 4.3 liter saja.
  8. Produk motor bebek lokal tipe empat langkah pertama yang telah menerapkan sistem pelepas gas buang yang lolos uji EURO 2.
Nah…dari sini bisa anda simpulkan sendiri, betapa lebih superiornya motor ini dijamannya jika akan dipadukan dengan spek teknis bebek yang sejenis. Ada lagi soal jaminan durabilitas pemakaian, seperti yang sudah saya tulis diparagraph atas, motor ini termasuk produk yang dipasarkan dibeberapa negara Eropa jadi jangan diragukan lagi perihal kualitas serta kehandalan mesin yang diusungnya. Semoga bermanfaat!

10 Motor Bebek Terbaik

Langsung saja inilah daftarnya :
 
10. TVS Rockz 125cc


Pabrikan motor dari India ini membuat gebrakan dengan  menurunkan bebek yang menurut ane lumayan ekstrim. Dengan fitur Kopling manual dan MP3 player, motor ini jadi semakin keren jika dibawa malam mingguan (ihiiir). Tidak hanya MP3 player, engine dari mesin inipun bisa diadu dengan pabrikan lain, karena tergolong baru, jadi masyarakat di Indonesia masih belum mengenal motor ini secara luas.


9. Minerva MadAss 125cc

Minerva merupakan salah satu pabrikan motor dari Jerman, dengan menurunkan seabreg motor European Stylenya, Minerva berani menawarkan MadAss 125 ini kepada masyarakat Indonesia. Memang kalau dilihat, motor ini sangat nyentrik, dengan tipe tulang-belulang kayak motor drag. jok dari motor ini juga unik. dengan engine 125cc, motor ini dapat menelorkan daya maksimumnya 6,4 Kw pada  7500 rpm.


8. Yamaha Vega ZR 115cc



Motor yang dipasarkan oleh YMKI ini memang disasar untuk kalangan menengah kebawah yang menginginkan motor yang berperforma good. dengan mesin 115 cc, bebek ini dapat menelorkan tenaga yang dapat mengimbangi kompetitor terberatnya, namun banya kalangan pengamat otomotif yang menganggap motor ini downgrade karena pemakaian mika warna kuning, namun hal itu sudah diperbaiki oleh YMKI.


7. Honda Absolute Revo 110cc (cast wheel)

Mungkin banyak yang mengamati bahwa motor ini ternyata dapat mendongkrak penjualan dari AHM, karena itu, AHM menFacelift motor ini, jadi lebih sporty karena memakai cast wheel dan stripping baru dengan "R". kebanyakan konsumen motor ini adalah anak muda dan umur 20-30 tahun. dengan fitur-fitur dan engine 110cc nya yang tangguh di sekitaran 7500 rpm, motor ini siap ikut dalam pertempuran kelas 110-115cc.


6. Suzuki Smash Titan 115 cc

Suzuki ternyata tidak mau ketinggalan. dengan Suzuki Titan yang berkapasitas 115 cc ini, siap membuat lawan di kelas 110-115 cc kacau balau dengan jargonnya "Prikitiew.... Tiada Tanding" dan Sulenya.... memiliki striping dan fitur yang melenceng jauh dari terdahulunya, Suzuki Smash 110, seperti mesin 115 cc, cast wheel, panel meter baru,dan 3 varian berbeda.


5. Yamaha Jupiter Z 115cc
YMKI membuat motor ini "Extra Ordinary". Kenapa begitu? Ternyata Yamaha tidak ingin kompetitornya merebut tahta kelas 110cc premium (kayak moge aja). dengan mesin 115cc yang siap head to head dengan Honda Blade 110R.Baik di kancah jalan raya maupun di kancah pasar senggol (Indoprix dan Motoprix Red.). Dengan striping baru, panel yang mewah, dan mesin baru, Jupiter Z tentu telah siap menghadapi si Blade.


4. Kawasaki EDGE 115 cc





Ini motor buatan Kawasaki memiliki body paling tajam dibandingkan kompetitor. dengan teknologi KACR, motor ini semakin mudah untuk distarter. Motor inipun sudah siap kebut di Indoprix dengan Hadi Wijaya, jadi jangan ragukan performance motor ini. jadi no problemo dong?



3. Honda Blade 110R 


Jujur, sebenarnya motor ini memang Nyentrik dengan warna yang tidak umum di Indonesia, terutama varian terbarunya. dengan mesin 110 cc yabg bertenaga 8,46 PS pada kitiran 7500 rpm, motor ini siap melesat menandingi Jupiter di kelas 110-115 cc di jalanan maupun di pasar senggol. dengan stripping aerodinamis siap membelah angin seperti namanya. dengan muffler Tri-Oval, siap menyemburkan akselerasi dari mesin 110cc ini.

2. Suzuki  Axelo 125 cc
Setelah Berakhirnya generasi Shogun SP, dimulailah era bebek sporty dari Suzuki, yaitu Axelo, dengan fitur-fitur seperti Manual Clutch, AHO (Automatic Headlight On) menjadikan motor ini mempunyai value tersendiri di masyarakat. Dengan 3 variant yang berbeda, menjadikan motor ini terkesan sporty dan memiliki kekhasan. Pokoknya istimewa lah..

1. Honda Supra X 125R PGMFI


Jagoan bebek dari Honda ini menjadi penutup bagi list motor bebek terbaik di Indonesia ini, dengan sperkling warna yang menyilaukan, dan mesin yang memakai injeksi (PGMFI), motor ini akan membuat kompetitor lai kewalahan untuk kelas 125cc. Selain fitur-fitur yang canggih, motor ini juga telah mendapatkan hati di masyarakat, sehingga amat terkenal di masyarakat sebagai bebek yang paling sering dipakai atau paling jmak ditemui di jalanan. Sasaran dari pasaran AHM ini menunjukkan semua kalangan umum, jadi banyak yang suka.

Cara Merawat Body Motor

Memiliki motor bebek terbaik tentu impian semua orang. Terbaik dalam hal ini bisa dimaknai luas, salah satunya dalam hal penampilan.

Motor yang memiliki penampilan menarik, tentu akan sangat membanggakan pemilik atau pengendaranya. Karena pada umumnya motor yang menarik akan banyak dilirik oleh sesama pengendara motor lain ketika melaju di jalanan maupun ketika berada di tempat parkir.

Perawatan body motor merupakan salah satu jalan untuk menjadikan bebek yang kita miliki menjadi motor bebek terbaik. Hal ini karena bagian body adalah bagian yang paling kasat mata untuk menilai sebuah kendaraan.

Beda dengan perawatan bagian mesin motor yang mengharuskan kita untuk mencoba motor tersebut untuk bisa memberikan penilaian.

Bukan hal mudah untuk merawat body motor agar selalu tampak menarik. Apalagi, di musin hujan kotoran yang menempel di body motor akan sulit untuk di bersihkan dan menjadi noda yang mengganggu penampilan motor kita.

Tips Merawat Body

Cuci motor dengan menggunakan air dengan cara di guyur terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran   yang menempel baru setelah itu gosok dengan sabun untuk motor.
Kemudian bilas sampai bersih bekas sabun tersebut untuk menghindari korosi yang bisa berakibat munculnya karat.
Keringkan dengan lap pengering. Usahan lap yang di gunakan terbuat dari bahan yang menyerap air dan juga tidak berserat sehingga tidak menimbulkan goresan pada body motor.
Gunakan cairan yang bisa mengkilapkan body yang biasanya mengandung silikon. Tetapi penggunaan silikon jangan terlalu sering juga di karenakan bisa memudarkan cat pada body motor.
Setelah mengkilap olesi menggunakan pelapis pasta. Tujuannya menutup poro-pori body motor, juga berguna untuk memunculkan perlindungan zat lilin pada body motor. Jika body motor dilapisi zat lilin yang terdapat pada pelapis pasta, akan memudahkan untuk di bersihkan apabila terkena kotoran. Juga menghindari noda yang menempel secara permanen pada body motor.

Bikin kencang Honda Supra x 100

Bicara modifikasi motor di dunia otomotif memang gak bakalan ada habisnya bahkan motor sekalem den selembut Supra x 100 pun bisa menjadi korban dari modifikasi. Mungkin sang raider Honda supra x 100 ini ingin tunggangannya tak kalah dengan motor-motor kluaran terkini yang memili tehnologi lebih maju.
Untuk membuat motor Honda Supra x 100 kencang, kebanyakan mekanik melakukan beberapa upgrade antara lain menaikkan kompresi, meningkatkan pengapian, memperbesar efisiensi volumetris lalu diikuti setting suplai bahan bakar (karburator).Biasanya dengan memodifikasi motor seperti ini sudah terasa beda dari sebelumnya dan cukup untuk harian.
Kompresi
Menaikkan kompresi bisa dilakukan dengan papas head/blok, ganti piston jenong atau dengan piston yang berdiameter yang lebih besar seperti Yamaha Jupiter Z 51 mm, Honda Karisma 52,4 mm, Kawasaki Kaze 53 mm, Kawasaki Blitz Joy 56 mm lalu ganti paking lebih tipis.. Tapi jangan terlampau tinggi karena masih dipakai harian.Patokan kompresi jangan lebih dari 11 : 1 Misal Bisa pangkas blok antara 0,3 sampai 0,5 mm Atau, bisa saja dengan mengurangi tebal paking blok dan head. Misal dari 0,6 mm diganti 0,3 mm. Lumayan bisa mendekin 0,3 mm. Baru kekurangannya ditambah lewat pangkasan. Kalaupun mau pangkas, mending pilih salah satu saja. Mau blok atau kepala silinder. (data persisnya sebaiknya memperhatikan posisi piston ketika di TMA).
Pengapian
Upgrade pengapian bisa dilakukan dengan mengganti CDI. Otak pengapian bawaan Supra x 100 masih dilengkapi limiter. Silahkan ganti produk aftermarket yang unlimit seperti BRT, XP atau lainnya. Bisa juga dengan Penggantian busi dan koil,tetapi itu hanya bisa untuk memperbaiki kualitas percikan api dan tidak menambah limiter pengapian.
Porting polish
porting/polish pada saluran masuk dan buang di kepala silinder. Intinya bikin aliran gas pembakaran dari venuri karburator menuju ruang bakar lebih smoot dan tanpa titik mati (atau hambatan).
Setting Karburator
Disini lebih pada proses jeting atau penggantian spuyer kecil dan besar (pilot jet dan main jet) sesuai permintaan mesin.Kalau masih kurang bisa di tambah dengan mengganti gear/suproket yang lebih kecil, biasanya diganti menggunakan gear punya astrea green sudah cukup. Penggunaan ban juga jangan terlalu besar.
Dengan sedikit setingan seperti ini di jamin tenaga mesin Honda supra x 100 temen-temen akan berbeda drastis dari sebelumnya, walaupun sang kuda besi bernapas tua tapi stamina muda..

Tips jitu agar motor irit BBM

Tips Agar Motor Irit BBM


Tak Dapat dipungkiri, BBM untuk tahun belakangan ini menjadi sesuatu yang banyak diperdebatkan. Naik terus harga bensin pun sangat berpengaruh terhadap segala aspek perekonomian, yang berakibat sembako mahal, tranportasi juga mahal dan aspek-aspek lainnya pada naik juga.

Namun disini akan membagi tips bagi para pengguna motor, cara Membuat Motor Kita Irit BBM dengan menghemat atau mensiasati penggunaan bensin motor kita agar lebih irit. Berikut adalah tips jitu untuk mengirit konsumsi BBM di motor anda.

1. Memasang Power Booster
Trik paling gampang untuk menghemat bensin adalah dengan cara memperbesar pengapian. Hal ini berlaku untuk motor 2 tak dan 4 tak. Dengan memperbesar api/tegangan, otomatis bahan yang diletup busi makin sempurna terbakar. Singkatnya bersih tak tersisa, jadi tidak perlu membuka gas besar untuk mendapatkan tenaga spontan. Bagaimana caranya? Pasang saja power booster, alat ini dapat dibeli di toko-toko onderdil.

2. Setel Ulang Pelampung
Jumlah bahan bakar yang akan masuk ke ruang bakar akan ditampung dulu oleh karburator. Kalau pada saat itu saja sudah boros mensuplay bensin, mana bisa disebut irit. Agar motor makn irit dan tidak mempengaruhi tenaga, turunkan ketinggian pelampung karburator 1-2 mm, dijamin konsumsi bensin akan lebih irit.

3. Bikin LSA (Lobe Separation Angle) Lebih Sempit
Cara ini berfungsi untuk motor 4 tak yang sudah pernah dikorek (setingan balap). Pasalnya, untuk mengungkit tenaga di putaran atas, lobe separation angle (LSA) dibuat lebih renggang. Otomatis bukaan makin lama dan bensin akan boros. Supaya tidak boros sekali, kecilkan sudut LSAnya. Dengan sudut yang kecil bukaan klep tidak akan terlalu lama sehingga bensin tadi tidak banyak mengalir ke ruang bakar.

4. Bikin Rapat Setelan Klep
Khusus motor 4 tak, cara yang dapat digunakan yaitu dengan mengubah setelan klep. Karena perangkat inilah yang mengatur campuran bahan bakar dan udara masuk ke ruang bakar. Dengan merapatkan setelan klep standar, otomatis bukaan valve juga menyempit. Semburan bensin akan menjadi sedikit.

5. Membersihkan Kerak
Adanya kerak sangat merugikan baik dalam proses pembakaran ataupun pembuangan. Jika ada diseher, silinder kop atau klep, mengakibatkan proses pembakaran tidak sempurna. Campuran udara dan bensin tidak dapat terbakar semuanya gara-gara kerak. Dampaknya, bensin dan udara yang tersalur ke ruang bakar boros. Kerak tidak hanya menempel pada bagian itu, kerak juga dapat menumpuk pada knalpot yang mengakibatkan pembuangan gas tidak lancar.

6. Manifold Berkisi-kisi
Sebagai saluran masuk udara dari karbu ke ruang bakar, leher angsa (manipol) juga mampu menghemat BBM, yaitu bentuk manifold yang berkisi-kisi. Kisi-kisi ini akan membuat pusaran udara sehingga campuran bensin dan udara makin homogen sehingga pembakaran akan menjadi sempurna.

7. Gunakan Oli berkualitas
Pelumas yang berkualitas jelek akan dapat membuat motor kita makin haus bensin. Kenapa? Karena oli yang tidak berkualitas membua gesekan antara material kian banyak, suhu melonjak tinggi, kerja dapur pacu makin berat dan akhirnya konsumsi bensin akan boros. Paling aman sih memakai oli anjuran dari pabrik.

8. Busi Lebih Panas
Jika temperatur di lingkungan makin dingin, suhu kerja mesin akan sulit pada kondisi ideal. Jadi membutuhkan banyak bahan bakar untuk mencapai kondisi yang ideal. Untuk mengatasinya dianjurkan memakai busi yang lebih panas dari standar. Misalnya anda biasa memakai busi denso ND24, turunkan menjadi DN22. dengan demikian, tidak membutuhkan waktu lama bagi motor untuk menuju suhu kerja optimalnya

Minggu, 15 April 2012

Tips membuat Yamaha Mio lebih irit bahan bakar

Halo bro and sis semua… mio lagi… mio lagi… matic lagi dah…, kali ini ada beberapa tips yang saya dapatkan dari beberapa sumber yang bilang udah berhasil membuat irit mio diatas rata-rata… yupz, ni dia…
1. Dengan menurunkan Pilot jet dan Main Jet (PJ dan MJ)
PJ menurut Istilah bengkelnya adalah spuyer langsam, Melayani  semprotan putaran rendah, Kurang dari ¼ putaran gas. dan MJ disebut spuyer bensin. Angka atau nomornya tercantum di bibir luar diameter lubang. Tugasnya mengabutkan putaran tinggi. Bekerja dari ¼ pelintiran gas sampai full.
Maksut dari hal tersebut adalah, PJ & MJ diganti dengan yang baru dan nomernya lebih kecil, misalnya, main jet pakai punya Kawak Kaze, dan PJ pakai punya Kharisma, Supra atau F1ZR.
2. Mengatur Settingan Karbu.
Bisa dengan menaikan jarum karburator satu tingkat sehingga lebih irit, meskipun jadi agak letoy nantinya…
3. CDI BRT
Mengingkatkan power mesin sekaligus ngirit bensin, lewat mengatur ulang timing pengapian. umumnya dibikin lebih maju dari timing standartnya caranya yaitu ganti otak pengapian dengan CDI BRT atau tipe racing lainya, dari hasil test, penerapan langkah ini terbukti mengefisiensikan pemakaian BBM hingga 15%
4. Pakai busi denso iridium.
Yaitu dengan membuat suhu mesin tetap ideal,Gunanya kalo misalnya mesin atau suhu udara sekitar masih dalam keadaan dingin. Untuk mengatasinya dianjurkan memakai busi yang lebih panas dari standar. Misalnya anda biasa memakai busi denso ND24, turunkan menjadi DN22. dengan demikian, tidak membutuhkan waktu lama bagi motor untuk menuju suhu kerja optimalnya.
Sering-sering merawat busi dapat memperpanjang umur bensin. juga harus sering dibersihkan agar pengabutan lebih sempurna.
5. Alat penghemat BBM
Yaa,,, nggak haram sih kalau mau menggunakan alat penghemat BBM macam:
-power FX
-femax
-ring bensin
-dan sebagainya
sebab berdasarkan hasil riset, alat-alat itu memang terbukti mampu menekan pemakaian bensin hingga 10%.