Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Senin, 16 April 2012

Bikin kencang Honda Supra x 100

Bicara modifikasi motor di dunia otomotif memang gak bakalan ada habisnya bahkan motor sekalem den selembut Supra x 100 pun bisa menjadi korban dari modifikasi. Mungkin sang raider Honda supra x 100 ini ingin tunggangannya tak kalah dengan motor-motor kluaran terkini yang memili tehnologi lebih maju.
Untuk membuat motor Honda Supra x 100 kencang, kebanyakan mekanik melakukan beberapa upgrade antara lain menaikkan kompresi, meningkatkan pengapian, memperbesar efisiensi volumetris lalu diikuti setting suplai bahan bakar (karburator).Biasanya dengan memodifikasi motor seperti ini sudah terasa beda dari sebelumnya dan cukup untuk harian.
Kompresi
Menaikkan kompresi bisa dilakukan dengan papas head/blok, ganti piston jenong atau dengan piston yang berdiameter yang lebih besar seperti Yamaha Jupiter Z 51 mm, Honda Karisma 52,4 mm, Kawasaki Kaze 53 mm, Kawasaki Blitz Joy 56 mm lalu ganti paking lebih tipis.. Tapi jangan terlampau tinggi karena masih dipakai harian.Patokan kompresi jangan lebih dari 11 : 1 Misal Bisa pangkas blok antara 0,3 sampai 0,5 mm Atau, bisa saja dengan mengurangi tebal paking blok dan head. Misal dari 0,6 mm diganti 0,3 mm. Lumayan bisa mendekin 0,3 mm. Baru kekurangannya ditambah lewat pangkasan. Kalaupun mau pangkas, mending pilih salah satu saja. Mau blok atau kepala silinder. (data persisnya sebaiknya memperhatikan posisi piston ketika di TMA).
Pengapian
Upgrade pengapian bisa dilakukan dengan mengganti CDI. Otak pengapian bawaan Supra x 100 masih dilengkapi limiter. Silahkan ganti produk aftermarket yang unlimit seperti BRT, XP atau lainnya. Bisa juga dengan Penggantian busi dan koil,tetapi itu hanya bisa untuk memperbaiki kualitas percikan api dan tidak menambah limiter pengapian.
Porting polish
porting/polish pada saluran masuk dan buang di kepala silinder. Intinya bikin aliran gas pembakaran dari venuri karburator menuju ruang bakar lebih smoot dan tanpa titik mati (atau hambatan).
Setting Karburator
Disini lebih pada proses jeting atau penggantian spuyer kecil dan besar (pilot jet dan main jet) sesuai permintaan mesin.Kalau masih kurang bisa di tambah dengan mengganti gear/suproket yang lebih kecil, biasanya diganti menggunakan gear punya astrea green sudah cukup. Penggunaan ban juga jangan terlalu besar.
Dengan sedikit setingan seperti ini di jamin tenaga mesin Honda supra x 100 temen-temen akan berbeda drastis dari sebelumnya, walaupun sang kuda besi bernapas tua tapi stamina muda..

1 komentar: